Jumat, 12 November 2010

Musik Perjuangan

PENGERTIAN MUSIK PERJUANGAN

Musik ini lahir dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuang berusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair- syair yang diciptakan pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untui berkorban demi tanah air, dan sebagainya. Irama musiknya pun dibuat cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.
Diperoleh Dari ( http://asiaaudiovisualexc09astiningsih.wordpress.com/2009/06/29/musik-nusantara )

CIRI-CIRI MUSIK PERJUANGAN

Syair lagu biasanya dapat membangkitkan semangat perjuangan.
Bentuk komposisi lagu perjuangan ada dua macam, yakni lagu perjuangan dengan semangat berkobar (bentuk Mars), dan lagu-lagu yang menyentuh perasaan (bentuk Hymne).
Bentuk lagu MARS
Mars atau sering disebut Marcia merupakan bentuk lagu yang biasanya digunakan untuk mengiringi parade atau prosesi. Dan sering juga lagu bentuk mars dapat digunakan untuk gerak jalan, seperti pada drum band atau marching band.
Pada lagu mars, birama dapat bervariasi antara lain dari 2/4, 4/4, atau 6/8 dengan aksen pada tiap ketukan. Karena bentuk dan irama permainannya, maka lagu mars menjadi sebuah lagu yang cenderung bersifat memberi semangat, riang dan menghentak-hentak.
Contoh lagu perjuangan yang berbentuk mars antara lain, Indonesia Raya, Maju Tak gentar, Halo-Halo Bandung, dan lain sebagainya.
Bentuk lagu Hymne
Hymne atau gita puja adalah sejenis nyanyian pujaan, biasanya pujaan ditujukan untuk Tuhan atau Dewa. Selain sebagai pujaan hymne juga sebagai bentuk lagu untuk mendoakan, memberi kesan agung, atau pun rasa syukur yang disampaikan dalam bentuk lagu. Kata "hymne" sendiri diserap dari bahasa Yunani ὕμνος/ hymnos "gita puja", yang berasal dari akar kata Proto-Indo-Eropa *sh2em- "menyanyi" dan berkerabat dengan kata Hitit išḫamai "ia menyanyi" dan Sansekerta sāman "nyanyian".
Contoh lagu perjuangan yang berbentuk hymne antara lain, Syukur, Gugur Bunga, Mengheningkan Cipta dan lain sebagainya.

Catatan : Hymnology adalah ilmu yang mempelajari sejarah, sastra, musik, teologia, dan latar belakang penulisan lagu dan pencipta lagu himne.

OPINI

musik perjuangan adalah salah satu musik yang harus kita pelajari secara pribadi, karena musik ini merupakan musik yang mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Maka dari itu, kita patut untuk menghormatinya. Ya... walaupun sekedar menyanyi, kita menjadi tahu maksud dan tujuan dari antarsyair atau lirik dari setiap lagunya.

CONTOH TEKS LAGU PERJUANGAN
Maju Tak Gentar

Maju tak gentar
membela yang benar
maju tak genta
hak kita diserang

maju serentak
mengusir penyerang
maju serentak
tentu kita menang

**
majulah majulah
serentak serentak
majulah menerjang terjang
tak gentar tak gentar
tak goyah tak goyah
majulah majulah menang



2 komentar: