Jumat, 26 November 2010

Musik Stambul

PENGERTIAN MUSIK STAMBUL

Kata stambul berasal dari kata Istambul, yaitu pada saat datangnya rombongan opera Istambul, yang kemudian musik opera itu digabung dengan musik keroncong asli sehingga menhasilkan keroncong stambul. Keroncong stambul terdiri dari:
  • Stambul I, contohnya lagu Terang Bulan, Potong Padi. Ciri permainannya dimulai dengan Tonika. Terdiri dari 8 birama yang dinyanyikan 2 X 8 birama, dengan kata-kata yang umumnya berupa pantun.
  • Stambul II, contoh lagu Kenangan (Sapari & WS Nardi), Kecewa (Samsidi). Permainannya dimulai dengan solo vocal, kemudian disusul musiknya dengan kord Sub Dominan. Biasanya terdiri dari 18 birama, kodanya Tonika – Sub Dominan – Dominan – Tonika. Terdiri dari 16 birama, yang dinyanyikan 2 X 16 birama, dengan syair berupa pantun.
  • Stambul III, contohnya lagu Sarinah, Keroncong Kemayoran. Merupakan campuran antara lagu stambul dan keroncong. Harmoni dimulai dengan kord Dominanseptim lalu beralih ke Tonika, kadang-kadang sebagai pemanis juga memakai Dubbledominan.

CIRI-CIRI MUSIK STAMBUL
a. Birama 4/4
b. Terdiri dari 16 bar
c. Merupakan variasi dari keroncong
d. Muncul pada sekitar permulaan abad ke 20
e. Contoh misk stambul : Stb Baju Biru, Stb. Merana.

OPINI
Apa itu musik stambul? saya pribadi tidak mengerti bagaimana musik stambul itu, akan tetapi yang saya tahu bahwa musik stambul itu sama dengan musik keroncong. Dan yang menjadi perbedaan diantara keduanya saya belum paham.

CONTOH TEKS LAGU MUSIK STAMBUL
 STAMBUL PIAMAN
Diperoleh Dari : ( http://laguminanglamo.wordpress.com/2010/10/06/stambul-piaman/ )

Badendang di Piaman
Gesek rabab duo talinyo
Lagu Stambul Piaman …
Cubo danga, iko pantunnyo
Piaman ka Simabua
Sala lauak dalam tenongnyo
Jikok kabau batalua …
Bara buruak onggok congkongnyo
Lagu Stambul Piaman
Sadonyo urang suko
Rang siak jo pareman
Jimek rato sadonyo
Badendang di Piaman
Gesek rabab duo talinyo
Lagu Stambul Piaman …
Lagu stambul jaman Apollo
Piaman ka Simabua
Jinjiang balam dalam sangkaknyo
Jikok kudo basiua …
Bara buruk cibia muncuangnyo
Lagu Stambul Piaman
Sadonyo urang suko
Rang siak jo pareman
Jimek rato sadonyo
(Dipopulerkan oleh Elly Kasim dan Zainal Combo, Sumbangan Lirik oleh Inyiak Darwas Ibrahim dan Ijoenk)

2 komentar:

  1. Izin copas ya...,thanks ^^

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus